Kamis, Oktober 16, 2008

Format Baru GNR

Guns N' Roses adalah sebuah nama yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta rock baik di Indonesia maupun di luar negeri. Band ini terbentuk dengan beranggotakan Axl Rose (Vokalis), Tracii Guns (Lead Guitar), Ole Beich (Bassis), Izzy Stradlin (Rhytm Guitar) and Rob Gardner (Drummer) pada tahun 1985 setelah sebelumnya bernama L . A Guns.

Band ini melejit saat merilis album "Appetite for Destruction" dengan hit singlenya Sweet Child O'Mine. Lagu ini pun mungkin sudah tak asing lagi bagi kita terutama bagi mereka yang pernah bermain Guitar Hero. GNR juga terkenal dengan cepatnya gonta-ganti personil mulai dari Tracii Guns, Ole Beich dan Rob Gardner yang hengkang pada tahun 1985. Namun permasalahan ini dapat teratasi karena para penggantinya pun bukanlah pemain kelas teri. Sebutlah, Saul Hudson atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Slash.

Lewat permainan melodinya yang apik, ia menjadi ikon resmi di tubuh GNR. Tidak hanya itu, ia pun disebut-sebut sebagai pencipta keseluruhan lagu Sweet Child O'Mine. Konon ceritanya pada saat itu Slash dkk sedang berkumpul di teras rumah Axl dan tanpa disengaja Slash memainkan sebuah melodi yang indah lalu dari tingkat atas, Axl mendengar melodi tersebut dan ia langsung membuat liriknya. Tidak lama setelah itu, GNR diundang dalam sebuah acara mahasiswa dan Axl meminta Slash memainkan melodi yang pernah dimainkannya tapi Slash menolak dengan alasan ia hanya asal. Tapi Axl mencoba meyakinkan Slash bahwa ia sudah buat liriknya dan ia yakin lagu itu akan menuai sukses.

Akhirnya, setelah bujukan dari teman-temannya, Slash akhirnya mengalah dan memainkannya. Tanpa dinyana, ternyata lagu tersebut amat menghibur mahasiswa dan akhirnya GNR yakin bahwa lagu itu akan sukses dengan memasukkannya kedalam album yang memang sedang mereka buat. Dan memang terbukti ramalan Axl. Pada tahun 1987, secara resmi album yang berjudul Appetite for Destruction itu keluar dan langsung mendapat respon yang amat baik dari masyarakat lalu lagu tersebut menjadi hit singlenya.

Beberapa tahun setelah itu, salah satu personil GNR, Izzy mengundurkan diri kemudian diganti oleh Gilby. Disusul 7 tahun berikutnya oleh Duff yang kemudian digantikan oleh Tommy Stinson. Sejak saat itu, GNR mulai kehilangan sinarnya dan sempat vakum beberapa tahun dan dengar-dengar, mereka akan meluncurkan albumnya kembali pada tahun ini yang berjudul Chinese Democracy dan akan dipublikasikan kepada publik bulan November mendatang di Hollywood.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Gnr

Tidak ada komentar:

Bookmark