Senin, Maret 16, 2009

Islam Itu Bukan Agama

Menurut anda judul diatas benar?? Apakah Kontroversi?? Apakah Provokatif?? Apakah Meresahkan?? Jawaban saya tidak. Mengapa?? Karena memang Islam itu bukan agama. Tapi, Islam adalah Way of Life. Islam adalah jalan hidup dimana seseorang yang mengaku muslim harus menggerakkan seluruh potensi dirinya menurut Islam.

Salah jika mayoritas muslim menganggap Islam adalah agama. Karena, jika ditilik lebih dalam, sudut pandang agama itu terlalu sempit. Karena agama hanyalah sekedar simbol belaka. Masjid, Quran, Shalat, Puasa dan Zakat. Setelah kita melakukan itu semua, apa efeknya bagi kita?? Kalau kita hanya menjalankan simbol-simbol agama tersebut, maka dapat dipastikan setelah ritual itu dilakukan maka tak ada efek apa-apa.

Lain halnya jika kita menganggap Islam sebagai Jalan Hidup. Maka kita bisa melihat Islam lebih baik. Misal, Shalat memang diperintahkan untuk mengingat Allah agar setelah kita melakukan shalat, kita terus mengingat Allah sehingga apa-apa yang kita lakukan berdasarkan Allah. Jadi, pada dasarnya, Islam bukan agama. Islam is Way of Life. Mohon komentar pembaca. Thanks.

Tidak ada komentar:

Bookmark