Jumat, November 21, 2008

Perjalanan Hidup Kurt Cobain..

Kurt Donald Cobain lahir 20 Feb 1967 di Aberdeen dari pasangan Donald Cobain dan Wendy. Pada awal kehidupannya, Kurt merasa amat gembira dan menghabiskan masa kecilnya layaknya anak-anak seusianya. Sampai pada suatu saat ketika ia mulai melihat ayah dan ibunya bertengkar lalu akhirnya pertengkaran itu mencapai titik puncak yaitu PERCERAIAN. Cobain kecil tidak tahan menghadapi ini semua sehingga akhirnya ia mogok makan sampai harus dilarikan ke RS.

Mungkin ini penyebab awal Cobain terserang stomach disorder akibat kekurangan asupan nutrisi yang juga menjadi salah satu faktor ia nekat bunuh diri. Setelah ayah ibunya bercerai, ia diasuh oleh sang ayah, Donald, yang pada akhirnya menikah dengan wanita lain yang juga sudah bercerai dam untungnya janda tersebut mempunyai 2 anak sehingga bisa menemani Cobain bermain.

Namun, semenjak ibu tirinya melahirkan anak lagi yang diberi nama Chad Cobain, ia mulai kurang mendapat perhatian yang akhirnya membuat ia murung, tertutup dan pasif. Kemudian ia berpikir unutk menghilangkan rasa stressnya dengan bermain musik dan musik yang pertama kali dimainkannya adalah Heavy Metal dan ia pun juga suka dengan Sammy Hagar (Vokalis Van Halen namun sekarang membentuk band baru bernama The Other Half bersama ex-bassist Van Halen, Michael Anthony).

Namun, kecintaannya pada musik heavy metal tidak berlangsung lama karena ia bertemu dengan Buzz Osbourne (The Melvins) yang membuatnya berubah haluan menjadi punk rock. Karena ia menyadari bahwa musik punk adalah musik kaum marginal seperti dirinya yang harus terpinggirkan oleh arus kehidupan.
Semenjak itulah, ia mulai aktif nge-band bareng Buzz dan akhirnya membentuk band namun hanya bertahan selama setahun kemudian oleh Buzz ia diperkenalkan dengan Krist yang pada akhirnya ia membentuk band hanya dengan Krist bernama Stiff Woodies tahun 1985. Setahun kemudian Aaaron Buckhart mengisi kekosongan sebagai drummer. Namun tahun 1987 Aaron keluar dan digantikan oleh Chad Channing dan pada tahun itu juga Stiff Woodies berganti nama Nirvana karena Cobain amat menyukai agama Buddha dan menjadikan teman imajinernya bernama Boddhah.
Tahun 1989 adalah tahun dimana album pertama Nirvana keluar yang berjudul Bleach dibawah payung label indie dan terjual 35.000 kopi. Setahun kemudian Chad keluar dari Nirvana kemudian membentuk band The Fire Ants dan Chad digantikan oleh Dave Grohl (ex-drummer Scream). Setahun setelah bergabungnya Dave, Nirvana menelurkan album keduanya bernama Nevermind dengan icon yang khas yaitu seorang bayi yang telanjang.

Tak disangka, ternyata album ini menuai sukses yang amat besar karena album ini mampu terjual sebanyak 400.000 kopi hanya dalam seminggu!! Album ini juga mendapat "Ten Times Platinum" selama setahun!! Akibat kesuksesan album ini, Nirvana mendadak terkenal dan amat dielu-elukan terutama oleh kaum muda. Kesuksesan Nirvana juga dikarenakan model musik Nirvana amat beda jauh oleh musik yang seangkatan dengannya dan juga didukung oleh hits singlenya yang berjudul Smells Like Teen Spirit dan lagu ini hampir selalu dibawakan oleh Nirvana kecuali saat mereka konser di Longhorn Country and Western Saloon di Stuttgart, Germany tanggal 29 Agustus 1991.







Lalu, album kedua pun diluncurkan tahun 1992 (kalau tidak salah) bernama In Utero dengan ikon yang juga khas yaitu seorang wanita yang terlihat kerangkanya dan mempunyai sayap. Namun, album ketiga ini tidak menuai sukses seperti Nevermind. Selanjutnya tahun 1993, album keempat pun diluncurkan dengan Incesticide dan lagi-lagi tidak bisa mengalahkan pamor Nevermind.










Kemudian, konser di Munich pada bulan Maret 1994 adalah konser terakhir bagi sang frontman Nirvana dan menjadi awal keterpurukan Nirvana karena pada akhirnya Kurt Cobain ditemukan tewas bunuh diri dengan menembak bagian kepala sehingga wajah gantengnya tidak mudah dikenali dan ia menggunakan shotgun sebagai pemutus kelezatan dunia. Jenazahnya ditemukan pada tanggal 8 April 1994 dan polisi menduga ia mati tanggal 5 April 1994.

Setelah kematian Cobain, popularitas Nirvana menurun dan akhirnya bubar ditahun yang sama lalu sang drummer mencoba membentuk band baru bernama Foo Fighters sedangkan sang bassis menjadi produser band baru juga sebagai pengamat musik.


SELAMAT JALAN COBAIN.. SELAMAT JALAN NIRVANA.. KARYAMU TETAP DIKENANG..

FOR KURT, I KNOW YOU'LL BE IN THE HELL BUT YOU ALWAYS BE IN MY HEART.

Tidak ada komentar:

Bookmark